• Hutan. -IST-
  • Hutan. -IST-
  • Hutan. -IST-
  • Hutan. -IST-

Hutan-hutan Indah, penjaga Paru-paru Dunia...

Hutan-hutan Indah, penjaga Paru-paru Dunia...

Thu, 05/10/2018 - 17:45
Posted in:
0 comments

HUTAN yang semakin berkurang terus menjadi perdebatan ahli-ahli lingkungan dunia. Mengapa mereka menganggap negara dengan hutan terluas punya tanggungjawab untuk mempertahankannya dari kerusakan? Apa keuntungannya?

Hutan adalah paru-paru dunia. Dari sini oksigen akan menyelamatkan kehidupan kita. Dari sini aneka satwa dan fauna hidup dan akan menurunkan populasinya.

Bisa dibayangkan bila hutan kita habis, yang ada hanya padang pasir yang kering dan tandus. Bagi negara-negara Barat, hutan begitu berarti. Sayang, di negara-negara tropis di Asia, hutan sering cuma dijadikan sumber ekonomi. Begitu manfaat itu habis, tak banyak upaya untuk melestarikannya.

Padahal, masa depan anak-anak bangsa mana pun sangat membutuhkan hutan. Hutan bukan saja sumber oksigen bagi kehidupan, tapi juga sangat berperan dalam menjaga kelestarian alam.

Perusakan hutan menurut para ahli akan sangat berperan dalam proses penipisan ozon yang berdampak buruk bagi suhu di kutub bumi. Menurunnya lapisan ozon sama juga dengan naiknya suhu bumi. Ini yang menakutkan semua mahluk bumi di masa depan.

<>MAY