• MPV Renault baru. -IST-

Renault Menguji MPV Baru Pesaing Datsun GO

Renault Menguji MPV Baru Pesaing Datsun GO

Thu, 06/21/2018 - 08:18
Posted in:
0 comments

Produsen mobil Perancis, Renault telah mulai menguji MPV baru dengan kode RBC di India. Penampakan mobil dengan kamuflase tersebut tertangkap kamera di Tamil Nadu, India. Seperti yang telah kami laporkan sebelumnya, Renault telah mengarap model MPV baru yang dikabarkan akan memiliki harga yang kompetitif.

Mendasari model baru ini disebut-sebut merupakan penggembangan dari hatchback Kwid. Mobil ini memiliki dimensi lebih besar dari Kwid dan akan memiliki wheelbase yang lebih panjang namun panjang keseluruhan akan tetap di bawah empat meter. MPV Renault terbaru ini akan hadir dengan deretan kursi ketiga sehingga mampu menampung tujuh penumpang.

Dalam foto yang beredar MPV Renault tak banyak menampilkan sudut namun lebih membulat. Awal 2018, Laurens Van Der Acker, Direktur Desain Renault, berbicara kepada Autocar India tentang 'balancing style dan rear headroom'. Orang dalam perusahaan juga telah menyatakan bahwa MPV akan dirancang sebagai model baru dan bukan versi modifikasi dari Kwid. Bentuk dasar samping, ban yang lebih besar dan ban chunkier membuat MPV baru jauh dari hatchback Kwid.

Pada interior, MPV baru kemungkinan akan berbagi beberapa komponen seperti ventilasi udara dan sistem infotainment layar sentuh dengan Kwid, tetapi desain dashboard kemungkinan akan baru. Fitur yang ditawarkan kemungkinan akan lebih banyak, seperti wiper, dan lampu DRL LED. Dual airbag, ABS dan sensor parkir belakang juga akan menjadi standar sesuai dengan tingkat keselamatan terbaru.

Mesin MPV baru Renault diprediksi akan menggunakan mesin BR-1.0 Kwid 1.0 liter yang dapat ditingkatkan dengan turbocharger. Dengan adanya aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, model baru ini bisa menjadi basis penggembangan MPV baru Nissan. Hingga saat ini, Nissan belum melakukan pembaruan pada Nissan Livina ketika para kompetitor telah melakukan facelift pada produk MPV.

Kehadiran MPV Renault ini tentu ditunggu-tunggu sebagai penantang pasar produk Datsun GO yang kini tengah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

AUTOCAR/TEMPO.co/01