• Ribuan massa menyemut saat mengantar pendaftaran pasangan Pepen-Tri di KPUD Kota Bekasi. -BP/01-

Kacau, Website KPUD Kota Bekasi Diretas Tangan Jahil

Kacau, Website KPUD Kota Bekasi Diretas Tangan Jahil

Mon, 05/14/2018 - 03:18
Posted in:
0 comments

WEBSITE resmi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi kena hack. Tampilan muka di portal yang banyak memberitakan tentang kegiatan rangkaian Pilwakot Kota Bekasi itu hilang dan berganti dengan judul banner besar bertulis “indonesia Freedom Security” .:: Cyber Team Cirebon ::. {+} Mr.Trouble5hooting {+}  dll.

Belum jelas sejak kapan website resmi KPUD itu diretas tangan tangan jahil. Terlebih dalam situs media sosial, seperti Twitter juga tak menginformasikan keadaan yang menimpa website resmi tersebut.

Di twitter official KPU pada Minggu petang hanya mengunggah foto terakhir kegiatan foto bersama KPUD Prov Jabar dan KPUD Kota Bekasi.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti modus apa di balik peretasan website ini. Sejumlah nomor telepon yang tersisa di perambah Google ketika dihubungi tidak ada yang menjawab. Begitu pun, dengan para pimpinan KPUD Kota Bekasi.

Cyber Army

Sementara itu pengamat kebijakan publik Didit Susilo dalam pengamatannya mendekati pelaksanaan hari pencoblosan 27 Juni mendatang, semakin gaduh oleh kampanye negatif yang merugikan salah satu pihak. Isu-isu negatif terkait pasangan calon dan ujaran kebencian serta isu SARA semakin marak.

“ Cyber army dipakai pihak tertentu  untuk berkampanye hitam dengan ujaran kebencian sebagai strategi negatif untuk menjatuhkan paslon tertentu atau rivalnya,” kata Didit.

Cara-cara tak bermoral itu digunakan sebagai strategi jitu untuk penggiringan opini sesat,  dengan tujuan elektabilitas paslon terjun  bebas.

Dalam Pilkada Kota Bekasi tahun 2018 ini dua pasangan calon berhadap-hadapan, mereka adalah pasangan Rahmat Effendi (Pepen) - Tri Adhianto dengan nomor urut 1 melawan pasangan Nur Supriyanto (Nur) - Adhi Firdaus dengan nomor urut dua.

Paslon nomor urut 1 diusung mayoritas partai, yakni Golkar, Demokrat, PDIP, PPP, PAN, PKB, Nasdem dan lainnya. Sementara nomor urut 2 didukung PKS, dan Gerindra.

<>MAY