Skip to main content

BMW X1 Generasi Ketiga Diluncurkan, Lebih Enteng, Performa Lebih Tinggi

BMW Indonesia menawarkan SUV kompak baru premium BMW X1 sDrive18i xLine. BMW X1 yang hanya satu varian ini disebut lebih enteng, nampun performa lebih oke dibanding pendahulunya.

Dibanding X1 generasi sebelumnya, pada BMW X1 generasi ketiga yang berkode U11 ini banyak mengalami perubahan, khususnya kalau sudah melongok bagian eksteriornya.

Dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, X1 merupakan bagian dari upaya BMW Group Indonesia untuk meningkatkan penjualan.

"X1 merupakan produk yang menjadi pondasi kami di Indonesia, secara year on year terus meningkatkan pasar kami di sini," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023).

Ramesh melanjutkan secara global X1 merupakan model BMW yang diminati di seluruh dunia. Pabrikan asal Jerman ini mengklaim sudah menjual sebanyak 2,7 juta unit sejak tahun 2009 hingga 2022.

BMW X1 generasi terbaru punya tampilan muka yang terlihat lebih kokoh dengan kidney grille yang sedikit mengotak. Lampu depannya mengadopsi LED. Dari tampangnya jelas terlihat BMX X yang lebih proporsional dan modern.

Menurut penjelasan pihak BMW, X1 generasi terbaru ini mengusung 90 persen parts baru, sehingga meskipun secara mesin konfigurasinya masih sama dengan yang terdahulu, namun yang sekarang mampu menyemburkan tenaga 20 persen atau sampai 156 HP. Ini jauh beda dengan sebelumnya yang hanya mempunyai performa mesin 136 HP.

Mesin yang jauh lebih ‘greng’ itu juga didukung dengan desain yang lebih aerodinamis. BMW X1 2023 diklaim memiliki nilai koefisien drag yang sangat kecil. Angka itu bisa didapatkan berkat ban berukuran 18 inci yang besar dan desain lubang-lubang di sekujur bodi yang menambah aerodinamika.

Soal bobot, berkat material terbaru mampu membuat berbagai bagian menjadi lebih ringan. Seperti misalnya komponen bagian pintu dan kap mesin yang justru lebih ringan 10 kg dari pendahulunya. Padahal, BMW X1 2023 semakin panjang, lebar, dan tinggi dari pendahulunya.

Perbedaan mencolok juga terlihat dari desain interiornya. Perubahan pada bagian interior terasa lebih kentara ketimbang perubahan yang ditampilkan pada bagian eksteriornya. Interior BMW X1 2023 kini lebih manis, modern, dan 'minim' tombol-tombol.

Mengutip situs bmwstore.id, BMW X1 sDrive18i xLine menggunakan BBM dan mampu mencapai kecepatan 100 km: 7,0 - 6,3 detik. Dengan kapasitas tangki bensin 51 liter, BMW X1 dapat menempuh jarak hingga 1.086,3 kilometer untuk sekali perjalanan.(BBS/009)