• Dirkeu KBN secara simbolis serahkan dana bantuan bergulir mitra PKBL. -KBN-

KBN Salurkan Rp2,3 M Pinjaman Bagi 93 UMKM Sekitar Perusahaan

KBN Salurkan Rp2,3 M Pinjaman Bagi 93 UMKM Sekitar Perusahaan

Fri, 06/26/2020 - 12:15
Posted in:
0 comments

PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Persero kembali menyalurkan sebanyak Rp2,3 miliar lebih untuk 93 mitra binaan  PKBL (Program Kemitraan & Bina Lingkungan), baru-baru ini.

Penyaluran pinjaman berbunga rendah itu kebanyakan diperuntukkan bagi mitra binaan sektor perdagangan dan jasa di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya. Semuanya merupakan UMKM yang memang membutuhkan dukungan permodalan untuk mengembangkan usaha.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Direktur Keuangan PT KBN Persero, Daly Mulyana kepada dua perwakilan mitra binaan.

Pada kesempatan tersebut, Dirkeu Daly Mulyana kembali menegaskan bahwa KBN tidak sekadar memberikan bantuan permodalan bagi para mitra, tapi juga melakukan pembinaan.

Pembinaan tersebut, menurut Dirkeu, antara lain berupa pengetahuan bagaimana kiat-kiat sukses  berusaha, pembukuan sederhana, dan juga pengetahuan praktis berjualan secara online.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya memberi pengetahuan bagi para mitra agar dana bergulir yang diterima benar-benar digunakan sebagaimana mestinya.

Pembinaan juga bagian dari upaya KBN untuk menciptakan mitra binaan yang unggul. Diharapkan, setelah kuat bisa lepas dari PKBL dan bisa mendapatkan pinjaman bank (bankable), sehingga tidak mengandalkan lagi bantuan dari PKBL KBN.

Sementara bagi mitra yang cicilannya lancar dan berprestasi pihak KBN selalu memberi kesempatan untuk memperluas wawasan dengan mengunjungi UKM di tempat lain yang sudah cukup maju atau berhasil.

Dari kunjungan atau studi banding ini diharapkan mitra bisa mengambil sisi positif dari UKM yang dikunjungi untuk diterapkan dalam menjalankan usahanya.

Program kemitraan dan bina lingkungan KBN tidak hanya ingin meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat sekitar, tapi juga berupaya menciptakan lapangan kerja baru.

Direktur Keuangan KBN meminta doa dan harapan segenap mitra PKBL agar ke depan KBN lebih sukses, sehingga bisa lebih banyak lagi memberikan bantuan program dana bergulir ini.

Makin banyak bantuan yang diberikan KBN diharapkan akan semakin banyak pula para usahawan kecil yang bisa bangkit dan maju untuk memperkuat sektor ekonomi di lingkungan. [REL/01]